Dinas Pendidikan

Kepala SMAN 1 Gurah Ucapkan Selamat Hari Guru Nasional Ke-78 Tahun 2023,Ini Pesan Dan Cerita Sejarahnya!!!

wartajatim.id || KEDIRI – Hari Guru Nasional merupakan momen penting bagi setiap negara untuk merayakan peran guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Di Indonesia, Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November sebagai bentuk penghormatan terhadap guru yang telah berjuang dalam membentuk karakter generasi muda. Di hari  perayaannya, mari kita sama-sama memahami makna dan sejarah di balik Hari Guru Nasional di Indonesia.

Berdasarkan dengan surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek) nomor 36927/MPK.A/TU.02.03/2023 tema Hari Guru Nasional tahun ini adalah
,”Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”.

Hari Guru Nasional tidak hanya menjadi wadah untuk menghargai pengabdian para pendidik, tetapi juga mencerminkan rasa syukur terhadap jasa guru dalam membangun pondasi pendidikan bangsa. Sejarah Hari Guru Nasional berawal pada tahun 1945. Pada waktu itu, terbentuklah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) setelah sebelumnya Persatuan Guru Indonesia (PGI)

Teguh Tri Santosa,S.Pd Selaku Kepala SMAN 1 Gurah Kabupaten Kediri Jawa Timur mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional Ke-78 pada 25/11/2023,Teguh Berpesan Pada Seluruh para Guru dan Siswa SMAN 1 Gurah, ini Pesan dan Harapanya:

Di Hari Guru Nasional ke – 78 ini saya selaku Kepala SMAN 1 Gurah mengucapkan Terima kasih atas Dedikasi dan Pengabdianya,terpujilah engkau Bapak dan Ibu Guru…
Seiring bertambahnya umur semoga semakin matang :
1. Kompetensinya ( pedagogik,kepribadian, profesional dan sosial )
2. Bekerjalah dengan Hati
3. Iklhas dan sabar menghantarkan anak bangsa ini
4. Guru semakin sejahtera

Demi SMAN 1 Gurah Mari Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar,untuk Ganesa jaya, jaya luar biasa.ungkap KS…


Di Kesempatan yang sama,Teguh menuturkan, “Sejarah Awal Hari Guru di mulai ketika di selenggarakan Kongres Guru Indonesia perdana di Surakarta, Jawa Tengah, pada tanggal 24-25 November 1945. Kemudian tanggal 25 November secara resmi ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 1994. Pemilihan tanggal 25 November tidaklah sembarangan; itu dipilih untuk menghormati lahirnya Ki Hajar Dewantara, seorang tokoh pendidikan Indonesia yang dianggap sebagai pelopor pendidikan bagi rakyat”.

“Ki Hajar Dewantara sendiri di kenal sebagai Bapak Pendidikan Indonesia hingga saat ini,Tokoh Legenda di dunia pendidikan yang sebenarnya bernama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, lahir pada tanggal 2 Mei 1889. Ia bukan hanya seorang pendidik, tetapi juga seorang pemikir, budayawan, dan tokoh pergerakan nasional. Konsep pendidikan yang diusung oleh Ki Hajar Dewantara mencakup prinsip bahwa pendidikan harus menyentuh aspek holistik individu, tidak hanya aspek kognitif tetapi juga moral, emosional, dan fisik” Lanjut Teguh…

Hari Guru Nasional bukan hanya sekadar perayaan seremonial. Lebih dari itu, ini adalah momen refleksi untuk memahami betapa pentingnya peran guru dalam mengarahkan generasi muda menuju masa depan yang lebih baik. Guru tidak hanya mengajarkan pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter, moralitas, dan sikap positif siswa.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan dinamika sosial, peran guru tidak lagi terbatas pada pengajaran di kelas. Guru juga berperan sebagai fasilitator pembelajaran, pembimbing, dan inspirator. Keberhasilan pendidikan tidak hanya bergantung pada guru di sekolah, tetapi juga melibatkan dukungan dari keluarga dan masyarakat.

Di Hari Guru Nasional Ke -78 ini Teguh Tri Santosa S.Pd berharap “Dengan menyimak sejarah Hari Guru Nasional, kita diingatkan akan nilai-nilai luhur dalam dunia pendidikan. Semangat Ki Hajar Dewantara untuk menyediakan pendidikan yang merata bagi semua menjadi panggilan bagi kita semua untuk terus mendukung perbaikan sistem pendidikan dan menghormati peran guru sebagai pilar utama pembangunan bangsa”.Pungkasnya…

Editor: Didik

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button