POLRI

Operasi Cipta Kondisi Pra Ops Lilin Nataru 2023/2024 Antisipasi Balap Liar Dan Knalpot Brong

WARTAJATIM.ID || Kota Kediri – Puluhan sepeda motor terlibat aksi balap liar dan knalpot brong terjaring Operasi Cipta Kondisi yang digelar Polres Kediri Kota Polda Jatim. Sabtu 16/12/2023, Satlantas Polres Kediri Kota melaksanakan Operasi Cipta Kondisi Pra Ops Lilin Nataru 2023 / 2024 Antisipasi Balap Liar dan Knalpot Brong.

Dalam Operasi ini menindaklanjuti banyaknya keluhan / aduan dari masyarakat. Untuk itu Kapolres Kediri Kota AKBP Teddy Chandra, S.Ik., M.Si., melalui Kasat Lantas AKP Andhini Puspa merespons keluhan / aduan masyarakat dengan menggelar Operasi Cipta Kondisi Pra Ops Lilin Nataru 2023 / 2024 Antisipasi Balap Liar dan Knalpot Brong dini hari tadi.

“Aduan tersebut masih di dominasi adanya gangguan kamtibmas aksi trekbut (Trek-trekan dan kebut-kebutan) dan knalpot brong yang menimbulkan suara bising, ini sangat mengganggu pengguna jalan dan jam istirahat warga sekitar lokasi,” kata Andhini.

“Operasi Cipta Kondisi ini tidak hanya menertibkan balap liar dan knalpot brong saja, tapi semua kendaraan tanpa kelengkapan pendukung keselamatan, dan tanpa surat juga kami tindak”, tegasnya.

Pelanggar yang diamankan pada razia dini hari ini, lanjut dia, banyak didominasi kendaraan roda dua yang akan digunakan untuk balap liar. Selain juga modifikasi diluar spek standar pabrikan.

Masih kata Andhini “Hasil Operasi Cipta Kondisi Pra Ops Lilin Nataru 2023/2024 Antisipasi Balap Liar Dan Knalpot Brong Satlantas Polres Kediri Kota berhasil mengamankan sebanyak 40 unit kendaraan”.

Kegiatan ini dilakukan untuk membuat efek jera, kami akan memberi sanksi lebih berat terhadap para pelanggar.

Keseriusan Satlantas Polres Kediri Kota Polda Jatim menindak pelanggar, tidak pandang bulu. Razia kendaraan tidak hanya plat Kota Kediri saja. Namun kendaraan luar kota, juga ditindak tegas, apabila memang melanggar peraturan yang berlaku.

“Kami tidak main-main menindak bagi pengganggu kamtibmas atau pelanggar ketertiban Jalan di Kota Kediri. Bagi pemilik kendaraan yang bandel dan yang pernah terjaring, kendaraanya akan kami tahan lebih lama lagi,” tandasnya.

Sementara itu Kanit Turjawali Iptu Cahyo menambahkan, operasi digelar dengan menyisir sejumlah titik yang ditenggarai menjadi tempat balap liar.

Tim bergerak mengintai sejumlah lokasi sejak Sabtu (16/12/2023) pukul 23.00 WIB sampai Minggu (17/12/2023), pukul 04.00 WIB.

Titik sasaran, kata Cahyo, diantaranya sepanjang jalan PK. Bangsa hingga Airlangga Kota Kediri, namun tidak menutup kemungkinan kami juga akan melakukan penyisiran dititik titik rawan terjadinya ajang balap liar.

Operasi cipta kondisi demi menciptakan suasana aman dan nyaman untuk masyarakat. Ada sebanyak 30 personel Satlantas yang kami libatkan dalam operasi,imbuhnya.

Semua barang bukti balap liar sebanyak 40 unit sepeda motor, saat ini terparkir di Mako Satlantas Polres Kediri Kota Polda Jatim dan telah dilaksanakan proses penindakan tilang.

Editor: Didik/Humas

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button