POLRI

Jelang Libur Nataru 2023/2024, Polri Gandeng Dinas Perhubungan Cek Kelayakan Bus dan Tes Urine di Terminal Kota Kediri

Wartajatim.id || Kota Kediri – Demi menciptakan situasi keamanan serta kenyamanan dalam menikmati libur Nataru 2023/2024, Satlantas Polres Kediri Kota Polda Jatim bersama Dinas Perhubungan Kota Kediri melakukan pengecekan kelayakan kendaraan terhadap bus yang memasuki Terminal Kota Kediri, Selasa (19/12/2023), pukul 10.00 Wib.

Tak hanya pengecekan, pengemudi atau sopir bus juga menjalani pemeriksaan tes urine yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kediri.

Kapolres Kediri Kota AKBP Teddy Chandra melalui Kasat Lantas Polres Kediri Kota AKP Andhini Puspa Nugraha mengatakan, pengecekan kondisi bus dan tes urine terhadap sopir bus dilakukan untuk memastikan bahwa kendaraan yang beroperasi melintas di wilayah Kota Kediri dalam keadaan layak dan berfungsi secara normal.

Hal itu bertujuan untuk menjamin seluruh penumpang bisa sampai tujuan dalam keadaan aman dan selamat.

“Ada juga tes urine untuk mengantisipasi sopir bus terpengaruh alkohol ataupun minuman keras (miras),” jelasnya.

Menurut AKP Andhini, hasil pemeriksaan sampai saat ini tidak ditemukan adanya sopir bus dalam keadaan terpengaruh alkohol.

Sedangkan, sejumlah bus yang dicek dalam keadaan layak beroperasi di jalan raya sehingga mereka diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanannya membawa penumpang sampai dengan tujuannya masing-masing.

“Juga kami imbau kepada sopir untuk tetap hati-hati ketika mengendarai bus dan mengutamakan keselamatan,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Kediri, Didik Catur menambahkan, pengecekan bus ini dilakukan meliputi surat-surat jalan kendaraan, fungsi rem, fungsi elektrik, lampu, spion, kondisi ban maupun lainnya. Dalam pengecekan yang dilakukan oleh anggotanya, tidak ada permasalahan mengenai kondisi bus yang artinya semuanya sudah layak jalan atau beroperasi.

Tak hanya itu, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan UPT Terminal Kota Kediri terkait dengan persiapan natal dan tahun baru.

“Sejauh ini ada sejumlah 309 bus melintas di Kota Kediri. Kalau antisipasi nataru saya prediksi masih mampu mengangkut penumpang,” tutupnya.

Editor: Didik/Humas

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button