23.4 C
Indonesia
Senin, Juni 24, 2024

Pekerjaan Site Plan Diduduk Sampeyan Belum Bermanfaat Untuk Warga Sudah Terjadi Banyak Kebocoran

Wartajatim.id || Gresik – Menindak lanjuti pemberitaan media online Wartajatim.id tanggal 11.oktober.2023 terkait pemberitaan pekerjaan site plant pipa spam di wilayah duduk sampeyan yang diduga asal asalan terbukti dengan adanya pembongkaran kembali galian pipa tanam yang diduga ada kebocoran pipa,dan parahnya lagi di setiap pemasangan Valve di pertigaan pipa mine land menuju perkampungan disitu tidak di beri mainhole sehingga sama warga ditutup kembali dengan vaping sehingga apabila ada perbaikan di SR yang rusak untuk menutup valve harus membongkar vaping lagi.Senin.10/06/2024

Saat awak media menemui pekerja dilapangan dan bertanya kenapa pekerjaan sudah bagus kok dibongkar lagi mas,pekerja tersebut menjawab mau cari Valve yang dulu di pasang area sini pak.sudah jelas bahwa pemberitaan wartajatim.id di tahun lalu itu benar adanya.bahwa pekerjaan tersebut dikerjakan secara asal asalan dan tak sesuai spek yang ada di kontrak sehingga Terjadilah kebocoran dipipanya.

Masih di tempat sekitaran lokasi pembongkaran galian yang ada titik valve.pekerja galian tersebut masih membongkar galian lagi dengan Dali pipa ada kebocoran dititik tersebut,aneh…!!! pekerjaan belum berfungsi sudah ada kebocoran.jelas disitu saat pekerjaan berlangsung tidak diadakan test pipa secara berkala dan test all area,sehingga pipa mau di aliri air dan ada tekanan baru ketahuan ada kebocoran.

Lebih lanjut tim media wartajatim.id mencoba mengirim foto foto dokumen pembongkaran tanah ke direktur utama contractual PT piramid menjawab”…itu masih masa pemeliharaan.sungguh aneh pekerjaan belum serah terimah ke PDAM kok sdh ada kata pemeliharaan.

Berikut pemberitaan wartajatim.id di tanggal 11.oktober.2023.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih agar mendapatkan kehidupan yang sehat, bersih, dan produktif di Desa desa di wilayah Kecamatan Duduk Sampeyan. Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Gresik.

Pembangunan SPAM dengan sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2023 Kabupaten Gresik, dengan masing – masing paket pekerjaan SPAM di setiap desa di duduk sampeyan,Pemenang lelang PT.Piramid, Seperti yang diharapkan masyarakat di Desa desa wilayah kecamatan duduk sampeyan untuk teraliri air bersih.

Hasil Investigasi tim media online di lokasi pekerjaan pada tanggal 11 Oktober 2023, dimana Proyek pembangunan SPAM di desa desa yang berada di lokasi Kecamatan Duduk sampeyan.Tampak penempatan pipa yang tidak sesuai dengan teknis perpipaan air minum, dimana pipa tersebut di pasang banyak yang tidak sesuai prosedure pemasangan perpipaan.Yang mana pemasangan pipa air bersih yang di alirkan untuk warga Desa desa tidak tertutup kemungkinan pipa tersebut mengalami kebocoran. Begitupun pipa dan sambungan pipa banyak yang tidak memakai suport penguat dan tidak ada pengecoran di ujung pipa yang menyebrang sungai kecil, ada juga yang di sangga dengan batu kombong.

Wawancara tim media online kepada masyarakat setempat yang tidak bersedia di publikasikan namanya, “ bahwa proyek pembangunan SPAM untuk Desa desa diwilayah kecamatan duduk sampeyan sudah hampir selesai, tapi pemasangan pipa yang ditempatkan menyebrang kali kecil ya begitu itu,saya juga bisa kalo seperti ini. Masak pipa di pasang tampah suport penguat,pipa HDPE yang ditanam juga di duga tampah pengetesan tekanan di ukuran pipa diameter 3″ kebawah. nanti kalo bocor ya warga juga yang rugi. tutur warga setempat di lokasi pekerjaan pemasangan pipa.Dimana hasil informasi tim media online yang didapatkan dari Desa desa, ada beberapa masyarakat dimana pekerjaan pipa SPAM tersebut tidak dikembalikan seperti semula bekas pekerjaannya.

Mengetahui hal tersebut tim media online telah mengirimkan chatt ke pihak contractor untuk klarifikasi dan sampai saat ini belum dibalas.dan tim media online mencoba menemui kepala Dinas Pekerjaan Umum  Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Gresik dengan berkali kali dan tidak ketemu dengan alasan selalu rapat kata security, dan coba di chatt wa tapi sampai berita ini terbit belum ada balasan.

Dari hasil investigasi terbaru dari beberapa Desa di kecamatan Duduk Sampeyan Dimana hasil trayel unit pump menunjukkan di Desa Petis benem.Wadak kidul serta Wadak lor banyak warga yang mengadu ke kepala desa bahwasanya saluran air ke rumah mereka tidak keluar air.

Setelah mengetahui aduan warga desa desa tersebut awak media mencoba menghubungi pimpinan contraktual dan sambil kirim foto tekanan pressuregate 0 psi,jawaban pimpinan tersebut dengan entengnya”Tanyakan langsung ke pihak PDAM.

Lebih lanjut tim media menanyakan ke Humas PDAM lewat chatt whatshapp jawabnya”Siap kami koordinasikan”.tidak puas akan jawaban tersebut awak media terus minta bertemu,selanjutnya awak media di beri no TLP dan wattshapp orang perumda (Wakhid) saat di wa wakhidpun bilang datang aja pak ke kantor pusat PDAM.sambil memberi no wa Humas PDAM.awak media minta dipertemukan dengan semua stekholder yang mengerjakan.agar bisa dapat jawaban yang bisa di pertanggung jawabkan nantinya apabila pipa spam sudah berfungsi dan dalam masa perawatan apabila terjadi kebocoran masyarakat tidak di kenakan biaya perbaikan serta tidak dirugikan tak kalah masyarakat di Bebani biaya bulananya.(Swj)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular

Recent Comments

spot_img