30.4 C
Indonesia
Senin, Mei 20, 2024

Refleksi Syawalan Dalam Indahnya Persahabatan

Kediri – Wartajatim.id || Bulan Ramadan yang penuh dengan ibadah dan refleksi sudah berlalu. Kini, tiba saatnya bagi umat muslim di Indonesia, khususnya di Kediri Raya untuk merayakan kemenangan spiritual dengan beragam cara. Terutama di bulan kesepuluh dalam kalender Hijriah dan Jawa, yakni bulan Syawal.

Bagi Sebagian besar warga Kediri Raya, mempercayai bahwa bulan Syawal adalah masa peningkatan amal baik setelah ditempa selama satu bulan berpuasa. Bagi sebagian yang lainnya, mengartikan bahwa bulan Syawal adalah bulan kegembiraan.


Seperti yang di lakukan Tim Colektion dari PT.Platinum Citra Putra Mandiri Cabang Kediri ini, yang mengadakan acara Syawalan dengan makan bersama dan menu seadaanya pada Kamis, (9/5/2024).

Acara yang di hadiri oleh seluruh anggota Tim colektion, baik  dari Wasdit ,Colektor maupun AR ini di mulai sekira pukul 13.30 Wib ,walau dengan menu seadaanya tapi tak mengurangi nikmat dan indahnya kebersamaan mereka, bertempat di area wisata Bendung Gerak Waru Turi yang terletak di kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri Jatim ini turut di hadiri Agus Siswanto selaku Pimpinan Cabang Platinum Kediri.

Tradisi ini tidak hanya menyatukan kembali hubungan keluarga, Sahabat, Rekan Kerja yang mungkin retak karena perbedaan. Tetapi juga memperkuat ikatan kekeluargaan mereka. Halal bihalal penting dalam konteks sosial dalam sebuah organisasi atau masyarakat.

Syawal dan Syawalan merupakan dua konsep yang kadang disamakan oleh banyak orang. Namun, sebenarnya keduanya berbeda. Syawal adalah bulan dalam kalender Islam yang tiba setelah Ramadan. Hari pertama Syawal adalah Hari Raya Idul Fitri, yang dirayakan oleh umat Islam setelah selesai menjalani puasa Ramadan.

Idul Fitri adalah momen penting dalam Islam, dan dirayakan dengan ibadah yang disebut Salat Id. Selain itu, juga pemberian sedekah (zakat fitrah), serta berkumpul bersama keluarga dan teman-teman untuk merayakan kebahagiaan.

Sementara itu, Syawalan adalah kata benda yang berasal dari kata Syawal dengan ditambahi akhiran -an. Syawalan merupakan kegiatan merayakan Idul Fitri secara bersama-sama, dengan berbagai tradisi dan kebiasaan yang berbeda-beda di setiap tempat. Syawalan biasanya mencakup kunjungan ke rumah-rumah kerabat dan teman, memberikan maaf kepada sesama, serta mengadakan berbagai acara dengan kerabat atau rekan kerja dalam sebuah kebersamaan.

Jadi perbedaannya, Syawal adalah bulan dalam kalender Islam yang mencakup Idul Fitri. Sedangkan Syawalan merujuk pada proses atau kegiatan merayakan Idul Fitri secara bersama-sama, dengan berbagai tradisi yang berbeda di sejumlah tempat.

Halal bihalal menjadi salah satu kegiatan pokok dalam Syawalan. Acara ini menjadi momen untuk membangun, mempererat, serta memperbaharui hubungan antarindividu dan komunitas. Pada bulan yang penuh berkah ini, tradisi halal bihalal menjadi bagian tak terpisahkan dari ritual Syawalan.

Di tengah riuh rendahnya gelombang salam dan pelukan, umat muslim saling memaafkan satu sama lain, atas kesalahan dan ketidaksengajaan yang terjadi selama setahun terakhir. Contoh konkret dari tradisi ini bisa ditemukan dalam berbagai sudut kehidupan. Mulai dari keluarga, tempat kerja dan lingkungan warga.

Mereka tidak hanya saling memaafkan atas kesalahan pribadi, tetapi juga berusaha untuk memperbaiki hubungan yang mungkin retak dalam dinamika sosial masyarakat. Dengan demikian, tradisi ini tidak hanya menjadi momen pribadi, tetapi juga menjadi upaya bersama untuk membangun harmoni dan solidaritas di tengah-tengah keragaman sosial.

Selain halal bihalal, momen Syawalan juga menjadi waktu yang tepat untuk mengadakan reuni. Reuni tidak hanya sekadar berkumpul kembali dengan teman-teman sejawat, tetapi juga menjadi momen introspeksi, apresiasi, dan inspirasi.

Secara keseluruhan, momen Syawalan, halal bihalal, dan reuni tidak hanya menjadi ajang perayaan kebahagiaan. Tetapi juga momentum penting untuk mempererat ikatan kebersamaan dan keterikatan antarindividu atau komunitas.

Ida Kristiana salah satu anggota dari Tim Credit AR Platinum cabang Kediri menyebut, acara  dengan tema kebersamaan  seperti ini bisa menumbuhkan rasa kekompakan, rasa saling menyatu di sebuah lingkungan pekerjaan.

“Ya, harapan saya semoga  dengan di gelarnya acara kumpul bareng seperti ini semakin memperkuat kekompakan tim Credit AR Platinum Kediri,karena rekan kerja itu lebih dari sebuah sahabat atau saudara, ” Tutur Ida

*INDAHNYA PERSAHABATAN*

Persahabatan adalah keindahan
Ketika cinta bertaut dengan kasih
Melebur menjadi kebersamaan
Memuai perihnya perbedaan

Berbagi duka lewat tawa
Merajut suka dalam untaian air mata
Membuang asa dalam keceriaan
Merangkai mimpi dalam kebersahajaan

Persahabatan adalah anugerah Illahi
Yang perhatiannya tak akan luntur dalam pahitnya kenangan
Dan tak akan musnah karena perpisahan
Apalagi hancur karena aroma permusuhan
Karena persahabatan akan selalu indah jika dikenang

“Semoga kita semua bisa saling memahami dan menyatu satu sama lain dalam sebuah hubungan kerja yang baik untuk menuju hasil yang lebih baik dari hasil-hasil kinerja sebelumnya yang sudah baik.” lanjut Ida


“Ia menuturkan Dalam kerangka nilai-nilai Islam, momen-momen ini mengajarkan pentingnya kasih sayang, maaf-memaafkan, dan saling mendukung dalam sebuah pekerjaan dan perjalanan hidup. Dengan merayakan bersama dalam kebersamaan dan keterikatan, umat muslim dan non muslim di Indonesia saling memperkuat solidaritas dan harmoni dalam masyarakat yang multikultural dan beragam, lingkup  kecilnya seperti dalam Tim kantor kita ini di Divisi Colektion. ” Pungkas wanita yang di kenal cerewet juga tegas ini…

Editor: Didik

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular

Recent Comments

spot_img